Senin, 20 Februari 2012

Judul Penelitian: Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris


Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Oleh:

Ivanne Hilda Sionita Simanjuntak
Nomor Registrasi: 7316110152

             Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang sangat berpengaruh dan telah dipakai di seluruh penjuru dunia. Berpedoman pada landasan dan pengembangan kurikulum pendidikan dasar 1994, Bahasa Inggris merupakan Bahasa asing yang dianggap penting diajarkan untuk penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan pengembangan hubungan antar bangsa.                                  
               Dalam dunia pendidikan sekarang ini secara nyata Bahasa Inggris telah berkembang pesat, baik itu dalam pendidikan formal maupun non formal. Dengan didukung oleh teknologi, dunia pendidikan dimungkinkan dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di dalam era globalisasi. Proses belajar mengajar adalah usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Sadiman (1993:6) proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi. Prosesckomunikasi yaitu proses menyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu kepada penerima pesan, pesan – pesan tersebut berupa isiajaran dan didikan yang ada di kurikulum dituangkan oleh guru atau sumber lain ke dalam simbol – simbol komunikasi visual maupun verba. Itulah sebabnya proses belajar mengajar yang dipadukan dengan teknologi dapat menjadi sebuah sistem yang saling bekerja sama dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Untuk mencapai tujuan pada proses belajar mengajar maka perlu didukung media dan bahan ajar yang baik yaitu bahan ajar yang mampu menarik minat siswa dan tidak menyimpang dari kurikulum.
Pada penelitian ini, media audio visual merupakan fokus penelitian. Media audio visual terdiri dari dua kata yaitu audio dan visual. Audio artinya pendengaran atau dapat didengar, sedangkan visual yaitu yang Nampak oleh mata atau yang kelihatan. Jadi media audio visual adalah media yang dapat didengar dan dapat pula dilihat oleh panca indera kita
Media pembelajaran yang tepat dapat membawa keberhasilan belajar dan mengajar di kelas, menurut Levie dan Lentz (1982), itu karena media pembelajaran khususnya media audio visual memiliki empat fungsi, antara lain :
a. Fungsi atensi, yaitu dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi dan pelajaran.
b. Fungsi afektif, yaitu dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
c. Fungsi kognitif, yaitu memperlancar tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
c. Fungsi compensations, yaitu dapat mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.
Penggunaan metode dan strategi secara optimal didukung oleh media audio visual dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Proses belajar mengajar pun semakin efektif karena siswa dapat menggunakan secara optimal alat indera yang dimiliki siswa. Semakin banyak alat indera yang digunakan oleh siswa maka sesuatu yang dipelajari akan makin mudah diterima dan diingat,akhirnya media dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar