RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMA Methodist I Medan
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/Gasal
|
Materi
|
:
|
Penggunaan Tenses untuk Percakapan
Sehari-hari (Tenses for Daily Routine Conversation)
|
Siklus
|
:
|
Lisan (Listening and Speaking)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 45 menit
|
I. Standar kompetensi :
Mendengarkan
:
Memahami penggunaan tenses dalam bahasa Ingrris dan makna dalam
percakapan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
:
Mengungkapkan makna dalam
percakapan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar:
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan penggunaan tenses yang
baik dan benar
III. Indikator :
- Mengidentifikasi penggunaan tenses dan maknanya
- Menggunakan tenses dalam percakapan sehari-hari.
- Merespon percakapan
IV. Tujuan pembelajaran :
Siswa
dapat :
- Menggunakan tenses dalam bahasa Inggris dengan baik dalam berbagai situasi
- Mengidentifikasi makna percakapan
- Merespon percakapan
V. Materi pembelajaran:
a. Simple
Present Tense:
X : Where does he live?
Y: He
lives in Jakarta
b. Simple
Past Tense:
X:
What did you do last night?
Y:
I studied hard for my exam
c.
Simple Future Tense
X :
What are you going to do tomorrow?
Y :
I’m going to visit my grandparents.
.
VI. Metode pembelajaran:
Demonstrasi,
Ceramah, Diskusi berpasangan
VII .Langkah – langkah pembelajaran :
Kegiatan awal:
1. Peserta
didik dikondisikan untuk berdoa bersama (nilai religius)
2. Guru
mereview tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
3. Guru menyampaikan materi dan tujuan
pembelajaran hari ini.
Kegiatan
Inti:
Eksplorasi :
- Menyimak penjelasan tentang penggunaan tenses dalam bahasa Inggris
- Menyimak percakapan bahasa Inggris yang melibatkan penggunaan tenses tersebut.
Elaborasi :
- Mengidentifikasi makna
- Menggunakan tenses dalam percakapan
- Merespon percakapan
Konfirmasi:
- Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami percakapan yang melibatkan penggunaan tenses
- Menyimpulkan materi yang baru dipelajari.
- Menugaskan siswa mempraktekkan ungkapan tertsebut.
VIII. Alat / bahan /sumber belajar :
- LKS modul pembelajaran bahasa Inggris Kelas XI.
- Video pembelajaran
IX.Penilaian :
- Tugas Terstruktur : Tes lisan
- Bentuk :- Pertanyaan lisan
Pedoman penskoran
1
|
Leksikogramatika ( Grammar dan
Vocabulary )
|
||
2.
|
Ucapan dan intonasi
|
||
3.
|
Komunikasi interaktif.
|
Medan, 22 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Pelajaran Bahasa Inggris
Drs. B. Manurung Ivanne Hilda S. Simanjuntak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar